Jaringan ADHOC di Windows 7


Beberapa waktu yang lalu pernah juga membuat jaringan adhoc untuk sistem operasi windows XP, Kali ini akan saya cerita tantang membuat jaringan ADHOC dengan Windows 7.

Jaringan Ad-Hoc adalah jaringan yang memungkinkan koneksi antar komputer melalui perangkat wireles (WIFI) dengan metode peer-to-peer.

Ide ini berawal keinginan saya untuk menghubungkan Komputer Linux Ubuntu Ke Internet, sedangkan Ubuntu tidak mendukung Koneksi dial-Up, sedangkan saya memiliki koneksi Internet melalui USB Modem CDMA Flexi, yang biasa saya gunakan untuk koneksi Internet melalui NetBook dengan SO Win7.

Nah dari sinilah akhirnya saya berfikir bagaimana caranya agar Koneksi Internet  di NetBook dengan Windows 7 nya bisa saya nikmati secara bersama di Komputer Ubuntu. Ok Langsung aja Dech..

Ikuti langkah-langkah berikut ini :

bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai brikut:

1. Unit Komputer / Laptop /Netbook yang sudah ada WiFi nya.
2. USB Modem dan Kartu SIM Plus Pulsa (yang saya Pake adalah Modem USB ZTE dan Kartu Flexi)
3. Komputer Klien (Komputer PC/ Netbook/ Laptop dengan sistem Operasi Linux Ubuntu), tidak harus ubuntu… apa aja bisa.. cuma yang saya pake saaat itu Ubutnu. dan tentu Memiliki WiFi.

Setting Jaringan Ad-Hoc Di windows 7:

1. Masuk Ke control Panel

Control Panel2. Pilih Network dan Internet

Network and Internet3. Pilih Network Sharing Center

Network saharing center4. Klik Manage wireles Network

Manage wireless Network5. Klik Tombol Add

Add6. Klik Create Ad-Hoc Network

ADHoc7. Klik Next

8. tentukan :

– Network name : (contoh HanSpot)
– security Type   : ada tiga pilihan (silahkan pilih yang bebas password No Autentification jika Ingin Bebas digunakan oleh klien tanpa password)
– WEP  dan WPA2PERSONAL   : untuk memproteksi jaringan adhoc kita.  jika memilih  diantara kedua ini, isikan juga security key nya, Yang mudah di ingat aja.

Network name dan Security9. Klik Next dan Jaringan Adhoc Telah siap di gunakan.

10. Sekarang lihat jaringan wirelles apa saja yang muncul di koputer anda.

Satus Jaringan Wifi

11. Coba hidupkan komputer Linuxnya / Client dan koneksikan ke jaringan anda tadi.

Sekarang saya bisa Internetan di komputer linux Ubuntu saya menggunakan USB Modem Via WiFi… 🙂

demikian tutotial saya mudah-mudahan bermanfaat.

One thought on “Jaringan ADHOC di Windows 7

  1. saya menggunakan ubuntu 10.10.. kenapa laptop saya tidak bisa konek ke jaringan ad-hoc yang dibuat win 7, sedangkan kalau di hotspot yang memakai router bisa..
    MOhon bantuannya..

    mashantu :
    Sudah coba langkah diatas belum, kalo sudah coba perhatikan langkah demi langkah Khusus settingan di Win7 nya. Sedang di Di Ubuntunya tidak dilakukan seting apapun gunakan seperti biasa… atau kalo pengin mudah bisa anda gunakan software connectify gratis kok, istalasinya mudah kok.. semoga membantu.. terimakasih telah berkunjung

Leave a comment