Membuat E-mail di Yahoo


E-mail atau Elektronik Mail adalah media surat menyurat secara online, E-mail atau Surel (Surat Elektronik) memungkinkan kita untuk berkirim surat melalui internet dengan waktu yang cepat / singkat. Dalam perkembangannya, E-mail berkembang dari sekedar teks ke media yang bisa mengirimkan berbagai media seperti file dokumen atau  gambar bahkan video atau type lainnyaa. Untuk mengetahui lebih detail Apa itu Email bisa klik di Sini.

Baiklah.. Kita mulai saja Tahap pembuatan E-mail di http://www.yahoo.co.id (sesuai Tema Kita)

  1. Buka Browser Internet yang kamu sukai (misanya; Mozila Firefox, Internet Explorer dll), dalam contoh kali ini menggunakan Browser Mozilla Firefox. Dobel Klik Icon Mozilla Firefox yang ada pada layar Desktop (lihat gambar di bawah ini);
  2. Setelah Terbuka jendela Mozilla Firefox ketikkan Alamat dengan URL : http://www.yahoo.co.id pada Address Bar (lihat gambar)
  3. Klik Pada bilah sisi kiri berupa Link Mail (lihat gambar)
  4. Klik Tombol Daftar (LIHAT GAMBAR)
  5. Berikutnya isi data Anda pada formulir pendaftaran yang disediakan Yahoo, Semua kolom – kolom harus di isi semua (lihat gambar). Yang perlu di isikan seperti, Nama (contoh: Agus Pinter), Jenis Kelamin (tinggal Pilih saja pada daftar), Tanggal lahir, bulan dan tahun lahir, Kemudian isikan pada kolom “Pilih Id dan kata sandi” ini penting untuk diperhatikan (Id adalah alamat email yang nantinya tercipta, isikan sesuai dengan kehendak kita, kalau tidak mau repot cukup memilih dari beberapa saran dari yahoo, dalam gambar saya pilih no. 1. pinteragus@yahoo.co.id, sebelumnya kamu klik terlebih dahulu pada kolom “ID Yahoo! dan Email”. Berikutnya dengan mengisikan sandi atau password, Password ini berguna untuk login atau masuk / membuka email kita. Ketikkan password atau sandi yang kamu suka, dalam contoh saya tuliskan “ayamgoreng98” (ketika menuliskan password tidak akan terlihat), ketikan sekalilagi password pada kolom di bawahnya “Ketik Kata Ulang sandi”. Penting! jangan memberitahu sandi anda kepad orang lain!, buatlah kata sandi yang mudah dingat oleh anda tetapi tidak mudah ditebak oleh orang lain. lihat gambar dibawh ini untuk lebih jelasnya.
  6. Masih tahap mengisi formulir, gulung layar browser ke bawah, isikan untuk pertanyaan kemanan, pertanyaan kemanan ini berguna jika anda lupa kata sandi atau alamat email yenag kamu buat. jika kamu lupa kata sandi atau alamat e-mail, kamu bisa meminta sandi baru ke yahoo. nah pertanyaan ini akan diajukan jika kamu meminta password baru tersebut. Silahkan pilih pertanyaan yang kamu suka, lihat contoh dalam gambar di bawah ini.
  7. Langkah berikutnya adalah dengan mengisi kode “Capcha” yang di tampilkan pada kolom “ketik kode yang ditampilkan”, dalam contoh kode ini bertuliskan “L4rGBL”, tetapi kode ini selalu berubah setiap waktunya. kalau kode yang ditampilkan tidak bisa terbaca, Anda boleh meminta untuk menampilkan kode yang baru dengan meng-klik “coba kode Baru”.
  8. Terakhir,cek kembali kalau isian di atas tidak ada yang salah.. kalau sudah yakin benar maka klik Tombol “Buat Account Saya”. Jika tidak ada kesalahan maka akan ditampilkan hasil seperti ini (ucapan selamat) Jika terjadi kesalahan koreksi bagian mana ada kesalahan, biasanya akan diberitanda tulisan yang berwarna merah, lihat gambar di bawah.. segera koreksi dan Klik “Buat accout saya” Catatan : penting untuk dicatat informasi pada point 9. alamat email, tanggal lair, pertanyyan dan password.
  9. Klik tombol lanjut, maka akan terbuka halaman surat Anda … lihat gambar beriikut. sekarang Anda memiliki alamat e-mail. jangan luppa selalu Sign Out / Keluarlah jika meninggalkan komputer atau sudah tidak menggunakan e-mail lagi.

demikian semoga bermanfaat…. ada pertanyyan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

6 thoughts on “Membuat E-mail di Yahoo

Leave a comment