Hari Blogger Nasional


Hari Blogger Nasional

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh secara resmi menyatakan hari Sabtu 27 Oktober 2007 sebagai Hari Blogger Nasional.

“Hari ini secara resmi saya menyatakan sebagai Hari Blogger Nasional. Hari ini adalah hari dimana ekspresi terutama ekspresi anak muda, karena masa depan ditentukan oleh anak muda,” kata Menkominfo dalam sambutannya pada acara Pesta Blogger 2007 di Jakarta, Sabtu.

Pesta Blogger 2007 merupakan sebuah acara yang mempertemukan para blogger dari seluruh Indonesia untuk pertama kalinya dan juga mengundang beberapa blogger dari negara tetangga untuk bertemu dan membagi pengalaman serta ilmunya.

Menkominfo mengatakan, dirinya memberikan apresiasi positif terhadap acara itu, bahkan berharap agar acara semacam itu dapat terus dilakukan setiap tahunnya dan tempat penyelenggaraanya bisa digilir digelar di kota-kota besar lain di Indonesia.

Adanya komunitas blogger di Indonesia, kata Menkominfo, dapat memberikan semangat edukasi dan bermanfaat serta memberdayakan bagi masyarakat banyak sehingga mampu memberikan suara baru edukasi Indonesia.

Makin tumbuhnya blogger di Indonesia, menurut Menkominfo merupakan tanda bahwa Indonesia merupakan negara yang menganut kebebasan bagi warganya untuk berpendapat, mengkritisi, berekspresi, berkreasi, dan pada akhirnya akan berinovasi bagi pengembangan Indonesia.

“Barangkali bisa ditambahkan tidak hanya menulis, tapi agar bisa dibuatkan lagu blogger suara baru Indonesia. Sebelum tahun 2007 ini berakhir agar sudah ada lagu untuk blogger,” kata Nuh.

Bahkan Depkominfo, kata Nuh, menantang dan siap memberikan dukungan penuh serta menyediakan hadiah bagi penyelenggaraan acara Blogger Award Indonesia.

Sedangkan Ketua penyelenggara Pesta Blogger 2007, Enda Nasution mengatakan, hari ini merupakan hari istimewa dimana para blogger dari seluruh Indonesia bisa bertemu.

Enda mengatakan pada awalnya acara Pesta Blogger 2007 hanya diperuntukkan bagi 200 orang, akan tetapi bisa menarik perhatian sampai 500 orang dari 150 ribu blogger dari seluruh Indonesia untuk datang ke acara tersebut.

Berbagai komunitas blogger dari berbagai daerah mengirimkan perwakilannya seperti komunitas Anging Mammiri dari Makassar, Go Ranah Minang, Loenpia.net dari Semarang, komunitas blog Yogyakarta, bahkan ada dua orang blogger yang datang dari Poso, Sulawesi Tengah.

“Antusiasme yang luar biasa dan dukungan yang terus mengalir ini sangat menggembirakan dan menunjukkan betapa aktif dan solidnya komunitas blog di Indonesia. Hal ini juga memperlihatkan bahwa ada begitu banyak orang yang mulai menganggap blog secara serius sebagai alternatif media baru yang patut diperhitungkan,” kata Enda.

Enda menambahkan jika aktivitas blogging di Indonesia ke arah yang positif, maka dia yakin blog akan menjadi “Suara Baru Indonesia” sesuai tema acara Pesta Blogger 2007.

Pada Pesta Blogger 2007 juga diadakan pemilihan Blog Favorit dengan kategori online marketing dan sales, women`s issues, teknologi, blog personal, blog selebriti, current issues, bridge blogging, dan blog pendatang baru terfavorit.

Pemilihan blog favorit tersebut akan dilakukan oleh 500 peserta Pesta Blogger 2007 untuk memilih 216 blog yang dinominasikan.

Dalam acara tersebut juga diadakan diskusi yang dipandu oleh Wimar Witoelar dengan menghadirkan Menkominfo M Nuh, Ketua Penyelenggara Enda Nasution, Andriyanto Gani dari Wikimu.com, Budi Putra dari Asia Blogger Network dan mengundang partisipasi dari para blogger yang hadir seperti musisi violin Maylafaizza. (Ant/OL-06) sumber:www.mediaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s