Entry Nilai Online Cara Praktis dan cepat


Entry nilai siswa secara online yang di adakan oleh provinsi membuat banyak sekolah merasa kerja full extra.. karna harus meng inputkan data sebegitu banyaknya, bayangkan saja menginputkan nilai siswa mulai dari semester 1 hingga semester 5 untuk 10 mapel 8 kelas. Wah… bisa melar tuh jempol kalau dikerjakan sendiri… trus berapa lama yah… sungguh merepotkan (mungkin… $#$#@#) yang jelas tidak bisa dikerjakan sendiri dalam waktu singkat. Tapi disekolah kami cukup dikerjakan oleh seorang saja.. wah hebat kan…? eh tunggu dulu… itu juga karena dengan sistem lebur.. he🙂, tapi nyatanya begitu hari pengumpulan kurang 4 hari baru selesai 4 kelas.. operatornya gak sanggup lagi melanjutkan… wah wah.. gimana nich… akhirnya memutuskan untuk mencari bala bantuan (kayak perang aja..). Yah bala bantuan di tujukan pada saya.., weh.. weh.. apa saya bisa mengerjakan 4 kelas hanya 2 hari..? loh kok.. iya yang dua hari adalah hari minggu dan senin pengumpulan.. makanya hari sabtu harus sudah di masukkan AMplop…! nah lo..!! Ya mau gimana lagi ku terima saja dapat jatah entry nilai 4 kelas.. Untuk menginputkan 10 mapel 5 semester atau sebanyak 274 siswa. dijamin bengel pokoke.. Ya sudah lah waktu tinggal 1 hari lagi, malam jumat mencoba untuk lembur entry nilai.. biasanya sih entry $#$#@$ hehehe….. tp sudah lah demi tugas..! cie cie… Eh baru dapat 1 semester satu kelas paralel hawa kantuk menyerang… wah kalo begini bisa kacu nich.. saya berdiam sebentar barangkali ada wangsit… xixixi… Eit…! yup…!!!! Ting….! saya punya gagasan bagaimana kalo yang entry nilai biar komputernya saja… komputer kan gak bisa capai ya toh… akhirnya dengan rasa kantuk yang tadi sempat menyerang mulai sedikit berkurang.. saya mulai mengerjakan suatu program kecil (script) untuk melakukan perintah Copy dan paste. yah dengan memasukkan perintah Copy (copy nilai pd excel) dan melakakukan paste pada Web (data Online) akhirnya berhacil aku ciptakan. dengan deg-degan (hah….) ku coba program kecil yang barusaya ku buat…, Sim salabim… Yuph…! ternyata berhasil..! program buatanku yang ku kerjakan tidak kurang se jam dapat menyeleseikan tugasnya, tidak kurang dari 10 menit untuk entry nilai satu semester. akhirnya saya coba untuk mengentri semester berikutnya… saya jalankan script… dan tinggal menonton saja.. karena komputer yang melaksanakan pemindahan data dari Excel Ke web. Karena rasa kantuk akhirnya tertidur sampai pukul 3 pagi. kerjaan masih banyak.. sisanya saya kerjakan di sekolah. Wow… sampai di sekolah teman-teman seperjuangan pada heran “LOH KOK KOMPUTERE JALAN DEWEK YAH…” huh… xixixi.. begitulah kira-kira… akhirnya sampai dengan Validasi nilai kutulis Tulisan ini… sudah lah ngantuk… pulang dulu ah..

Oh ya bagi membutuhkan scripnya… sapa yang mau yah..!!?  heheh kan sudah selesai entry nilainya… tapi tidak ada salahnya kan..? tunggu artikel selanjutnya….. Sori juga tulisan ini kacau balau susunan tulisan dan alurnya… ben lah… soale karo ngantuk… wis.. salam..

dalam posting selanjutnya insya allah akan saya posting programnya. tunggu saja.

Untuk tanya langsung Mengenai artikel (script) di atas silahkan kirim komentar di bawah ini. jangan luppa emailnya yang valid.

Update

Berikut Video Proses Otomatisasi Entry Nilai Online-nya.

 

73 thoughts on “Entry Nilai Online Cara Praktis dan cepat

  1. pak saya operator input data di sekolah kami, boleh minta sricpt-nya gak? email saya : nayadut@yahoo.co.id kalo gmail : nayadut.2007@gmail.com, sokur kalo dikasih no hp panjenengan.

    Admin :

    mmm… Insya Allah bisa.. tapi sabbar ya, entri nilainya juga sudha ditutup.. Kalau masih menggunakan entry nilai Online, link script akan saya pasang di sini beserta cara penggunaannya. Boleh di bilang scrip yang saya buat masih “Beta” sedikit penyempurnaan…

    silahkan bisa via email saya jika perlu.
    Terimakasih telah berkunjung.

  2. Jika benar yang saudara ceritakan, dengan sangat senang saya tunggu bantuannya untuk ” script or programme” saudara, hingga dg mudah saya entry data pada madrasah kami.thank you….

  3. Berguna Banget Tu Mas Boleh Dong Mbantuin Temen, Bagi Scripnya Sekalian ma caranya…N No Hp Panjenengan, karena bayak yang ingin aku tanyakan.
    sekalian mau tanya mas aku mau memasukan data siswa tp ngak bisa masuk..pasword salah terus..da solusinya ngak mas…
    Ini email saya : indiwidiyanto@gmail.com
    Matur Nuwun Mas

    • kalo salah password.. kalau belum diganti, username dn passwordnya adalah identitas sekolah masing2, tapi kalo sudah pernah di ubah harus konsultasi ke operator kabupaten sampaian.. untuk minta di reset..

  4. assalamu’alaikum..
    salam sejahera…dan salam persahabatan..
    saya jug mau scripnya… mohon bisa dilanjutkan ya…dan dikirim ke email kami..
    jazaakumulallohu khoiron katsiro
    waasalamu’alaikum…

    Said wahid, Mojokerto
    email:heydi69@yahoo.com

  5. Assalamu’alaikum,
    Salam Sukses selalu Buat Bapak..
    Ni saya Hendra Operator Komputer SMA NEGERI 1 KETAHUN, BENGKULU. Saya tertarik dengan program bapak yang mengisi nilai raport secara online.

    Saya mohon bantuannya untuk mengrimkan skrip/program aplikasi.
    Demikian saya ucapkan terimahkasih.

    • Terimakasih dan salam sukses juga buat bapak Hendra Bengkulu (salam buat pak Purnawan, dari bengkulu curup “heheh sok kenal” kali aja pas kebeneran tahu..🙂 ”

      Mengenai software tersebut, ya pak Insya Allah nanti pada saatnya, artinya di harus di sesuaikan dengan form terbaru yang ada di web nanti, jadi tunggu kabar selanjunya..

      Terimakasih telah berkunjung. salam sukses..

  6. maaf ya pak… nusul lagi komennyaa, tlong kalau bisa sekaliyan turorialnya, dan tolong segera dibuka komentnya pak….. biar saya cepat ngerjain tu nilai… makasih….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s