Soft Start Otomatis


Soft Start atau banyak orang menyebutnya adalah anti gejlug / anti jeglek. Soft start biasa di gunakan pada peralatan elektronik yang menyedot tanaga besar saat pertama kali dihidupkan. Biasanya Tv China sering terjadi kalo pertama kali dihidupkan KWH meter Anjlok, atau saat di barengi dengan komputer, k0mputer menjadi restart.

Untuk mengatasi hal demikian perlu trik sedikit yaitu di pasangi soft start. sebenrnya di pasaran juga banyak rangkaian jadi. tapi kalo buat sendiri juga oke..

Berikut skema rangkaiannya..

19 thoughts on “Soft Start Otomatis

  1. Salam kenal mas…kalau buat PC (500 watt powersupply+monitor 17 Crt) kira2 kuat, atau jeglek tidak mas…kalau tidak kuat saya minta info nya mas..Matur suwun

    • @Agus : Tentu saja kuat mas agus.. Tapi perlu diketahui dulu cara kerjanya. Ada sebagian alat soft start yang cara kerjanya adalah dengan mengurangi arus listrik yang masuk ke beban seperti komputer atau TV secara terus menerus, ini tidak direkomendasikan untuk TV ataupun peralatan lain apalagi CPU..!.

      JIka Anda menggunakan skema yang saya sajikan di sini sangatlah tepat dan tidak masalah, sebab rangkaian ini bekerja hanya melambatkan arus sejenak (R20 Ohm /20W) yang masuk ke beban, setelah sekian beberapa detik Relay akan mengembalikan Arus Listrik ke posisi Normal, artinya arus akan di lewatkan secara langsung ke PLN. sehingga aman Untuk CPU Anda. Sehingga arus Listrik PLN tidak sekonyong-konyong tersedot dengan arus yang sangat besar dan menyebabkan KWH meter Anjlok.

      Terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

    • Bisa saja asalkan RELAY nya di ganti dengan Ampere yang besar (bisa menggunakan Relay yang 220Volt) dan jika perlu diparalel. Kalo relaynya kecil saya yakin tidak akan kuat, sebab mesin-mesin induksi itu membutuhkan Arus besar sekali…

  2. rangkaian di atas,untuk catu daya relay,dkk hrus pake trafo sndiri y???
    seperti yang sudah di bilang, “rangkaian ini bekerja hanya melambatkan arus sejenak (R20 Ohm /20W) yang masuk ke beban, setelah sekian beberapa detik Relay akan mengembalikan Arus Listrik ke posisi Normal, artinya arus akan di lewatkan secara langsung ke PLN.” yang saya tanyakn, apakah rangkaian ini dihidupkn trus menerus masih bisa seperti yang di bilang “melambatkan arus sejenak yang masuk ke beban”???

    • Qiqi :
      Bisa menngunakan trafo sendiri ataupun langsung dari rangkaian elektronik yang sudah ada… namun kalo untuk dipsang langsung ke televisi misalkan harus di buatkan dulu penyearah dan beberapa resistor agar dapat di catu langsung dari PLN.

      Iya, rangkaian akan bekerja saat Beban di hidupkan saat pertama kali beberapa detik saja saat dihidupkan. setelah itu kembli normal, begitu seterusnya jika anda menyalakan TV atau beban yang lain.

  3. gan kalo rangaian semacam itu mesti di dalam pesawat tv atau komputer, sebab perlu pemutusan tegangan 16,5v dulu, kalau tidak di putus dulu relaynya masih dalam keadaan ON untuk posisi Off tegangan yg 16,5v harus di putus dulu. ini menurut analisa saya, mohon maaf apabila analisa gue salah……

    • Tidak usah pak… Relay akan memutus dirinya sesaat setelah komputer atau Tv menyala…. dan tidak perlu Anda harus membongkar PC atau TV Anda.. cukup sambungkan Ke listrik dan sambungan daya TV atau Komputer.. Tapi perludi ingat Rangkaian ini membutuhkan tegangan tersendiri.. tapi jika diambilkan dari TV bah juga..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s