Karena saking bayaknya permsalahan dan pertanyaan yang tidak bisa saya jawab satu-satu (heran kok bisa nyasar kesini sich, tapi its Ok) mengenai seputar penggunaan Aplikasi DIKDAS maka saya postingkan tanya jawab yang sering di tanyakan oleh para operator atau teknisi, saya mohon maaf tidak bisa merespos karena keterbatssn waktu, dan perlu diketahui saya hanya bersift sharing info saja. silahkan dibaca di bwaha ini yang saya ambil dari website sumbernya.
TANYA JAWAB.
=============================
KEBIJAKAN PENDATAAN DITJEN DIKDAS
=============================
1. Apa yang melandasi sistem pendataan pendidikan dasar ini?
a. terbitnya instruksi menteri no.2 Tahun 2011 Tentang Pelaksanaan Pendataan di lingkungan Kemdikbud
b. Permendiknas no.51 Tahun 2011 tentang petunjuk teknis penggunaan dana BOS
2. Untuk apa pendataan ini?
a. untuk memenuhi seluruh kebutuhan data Kemdikbud sebagai dasar perencanaan dalam pelaksanaan program yang bersifat transaksional dengan Daerah maupun langsung dengan sekolah dan seluruh entitas data Pendidikan seperti : Penyaluran dana BOS, Rehab, Tunjangan Guru, Subsidi siswa miskin.
3. Apa manfaatnya bagi sekolah ?
a. Dalam aplikasi sudah tersedia fasilitas untuk membuat profil sekolah dan asbsensi kelas
b. Data sekolah yang terupdate dapat dikenali langsung oleh pusat akan kebutuhan dan kondisinya
c. Untuk PTK, terfasilitasi sistem updating data setiap ada perubahan yang terjadi pada masing-masing individu PTK
d. Alokasi anggaran BOS berdasarkan basis data yang dikirimkan oleh sekolah
e. untuk Siswa akan mudah dikenali keadaan dan kebutuhannya (prestasi, beasiswa, subsidi, dll)
f. Sekolah yang tidak melakukan pendataan individual inI kemungkinan tidak teridentifikasi untuk penyaluran program-program pendidikan yang digulirkan oleh Kemdikbud
4. Apa manfaatnya bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota ?
a. Bagian dari Tupoksi yang bersinergi dengan program-program Kemdikbud
b. Profil Pendidikan Prov/Kab/kota yang memiliki akurasi tinggi dengan berbasiskan data individual
c. *)Sedang dibangun sistem pemanfaatannya agar dinas Pendididkan Kab/kota dapat merasakan pemanfaatannya secara langsung
=============================
PETUNJUK TEKNIS BAGI SEKOLAH
=============================
1. bagaimana cara memulai pendataan di sekolah?
a. unduh formulir pendataan beserta petunjuk pengisiannya
b. fotocopy formulir tersebut sebanyak Siswa (F-PD), PTK (F-PTK) dan sekolah (F-SEK)
c. distribusikan ke masing-masing, jika memungkinkan pihak sekolah mengadakan pertemuan panduan pengisian formulir secara bersama
d. Formulir diisi secara manual (tulisan tangan) diisi secara lengkap, benar dan valid
e. Formulir pendataan yang sudah terisi dikumpulkan secara kolektif di sekolah masing-masing
f. Diperiksa kebenaran isi secara umum oleh pihak sekolah
g. di inputkan ke dalam aplikasi pendataan
h. dikirimkan melalui aplikasi pendataan yang terkoneksi internet
2. bagaimana dengan nomor-nomor pendataan yang sudah ada sebelumnya (NPSN, NSS, NUPTK, NISN, dll) ?
a. aplikasi sudah bersifat prefilled (terisi sebagian) sudah ada nomor NPSN, NSS, NUPTK
b. jika ada data yang keliru di update dengan data yang benar
c. NPSN, NSS, WAJIB diisi bagi sekolah yang MEMILIKI, bagi yang belum di KOSONGKAN
d. NISN WAJIB diisi bagi SISWA yang MEMILIKI bagi yang belum di KOSONGKAN
e. NUPTK WAJIB diisi bagi PTK yang MEMILIKI bagi yang belum diKOSONGKAN
3. Kapan di mulai pendataan?
a. dimulai dari sekarang dan berakhir pada bulan september 2012, sebagai data pengajuan anggaran BOS 2013
b. ketika penerimaan siswa baru (juni-juli) tinggal updating data siswa baru dan siswa yang naik kelas
4. bagaimana cara mempelajari aplikasinya?
a. baca manual aplikasi nya,
b. lihat video tutorialnya
c. tanyakan ke helpdesk online kami atau ke KKDATADIK DINAS PENDIDIKAN KABKOTA setempat
5. Bagaimana pendanaannya?
a. baca petunjuk teknis pendataan bagi sekolah, contoh perhitungannya ada didalamnya
b. anggaran koneksi internet, dll dianggarkan di dalam dana BOS
6. diprogram lain seperti rehab, siswa miskin, dll sekolah kami mendapat formulir yang sama, bagaimana penjelasannya?
a. betul, pendataan bersifat satu pintu untuk semua pelaksanaan program
b. aplikasi dan formulirnya menggunakan aplikasi pendataan pendidikan dasar
c. semua pendataan melekat pada seluruh pelaksanaan program kemdikbud
===================
PETUNJUK TEKNIS APLIKASI
==================
PASTIKAN anda telah membaca dan memahami Manual Aplikasi Pendataan dan lihat Video Tutorial Aplikasi Pendataan Desktop
1. Bagaimana cara penginstalan aplikasi pendataan ini ?
a Jika mendapatkan DVD
b. Masukan DVD, pilih Menu Aplikasi Pendataan. Kemudian pilih setup.exe
c. Install hingga selesai
d. JIka Mendownload/mengcopy dari Kabupaten/Kota
e. Pilih setup.exe
f. Install hingga selesai
g. Setelah selesai installasi, maka silahkan isi Nama Lengkap, Email, Password dan Kode Registrasi Sekolah
h. Setelah registrasi berhasil, maka di dalam aplikasi terdapat data awal Sekolah dan data awal PTK yang bersangkutan.
2. Mengapa penginstallan aplikasi gagal di lakukan ?
kasus 1
a. Karena sudah terinstall aplikasi versi lama. Pastikan sebelum install aplikasi baru, aplikasi sebelumnya harus berhasil di uninstall.
b. Uninstall Aplikasi Adobe Air
c. Hapus Folder di C:Program Files Aplikasi Pendataan
d Untuk Windows 7 dan Vista
e Hapus C:Users:[user yang dipakai]:AppData: Roaming:id.go.kemdikbud.dikdas.pendataan.desktop
f. Untuk Windows XP
Hapus C:Documents and Settings[user yang dipakai]-Application Data-id.go.kemdikbud.dikdas.pendataan.desktop
g. Baru kemudian install aplikasi yang baru (versi 1.0.12)
kasus 2
biasanya kegagalan aplikasi terjadi di beberapa kasus :
a. sudah terinstal aplikasi pendataan sebelumnya
solusi : uninstall terlebih dahulu aplikasi yang existing, hapus folder c:aplikasi pendataan install kembali aplikasi
b. menggunakan koderegistrasi kkdatdik dalam keadaan offline
solusi : jika menggunakan koderegistrasi kkdatadik sebaiknya dalam keadaan online, catatan penting aplikasi dengan menggunakan koderegistrasi kkdatadik hanya untuk upload data sekolah tidak untuk mengentri data
c. menggunakan OS XP dibawah 64 bit
solusi : uninstall aplikasi tersebut hapus folder c:aplikasi pendataan install kembali aplikasi
jika masih gagal/tidak bisa di uninstall hapus langsung foder c:aplikasi pendataan
d. di block oleh antivirus
solusi : pastikan antivirus di koputer anda dalam keadaan tidak aktif, matikan fungsi antivirus kalau perlu uninstall antivirus tersebut
e. salah kode registrasi
solusi : pastikan kode registrasi itu sesuai yang tertera di daftar kami, sebaiknya copy paste saja, khawatir salah ketik, sebab sering tertukar antara 0 dengan o (nol dengan huruf o)
3. Mengapa kode registrasi perlu dan bagaimana cara mendapatkannya ?
a. Kode registrasi sebagai prasyarat untuk dapat masuk kedalam aplikasi pendataan dikdas.
b. Cara mendapatkannya :
c. Akan dikirimkan paket DVD ke sekolah masing-masing; atau
d. Silahkan hubungi KK-DATADIK Kab/Kota setempat untuk mendapatkan kode registrasi sekolah.
4. Apakah sama aplikasi pendataan sekolah yang satu dengan sekolah yang lainnya ?
a. SAMA, yang membedakan hanyalah kode registrasi sekolah masing-masing
5. Kenapa ketika kita log out kemudian kita log in kembali data yg tersimpan tiba-tiba hilang?
a. Kemungkinan aplikasi masih menggunakan versi lama (dibawah atau sama dengan v.1.0.11) gunakanlah versi v.1.0.12
b. Ketika menginput data, data yang dimasukan invalid (tidak benar). Sehingga data yang diinput setelahnya tidak akan tersimpan. Dan ketika muncul windows peringatan data invalid, maka segera diperbaiki karena system tidak akan menyimpan data sebelum data di perbaiki
6. Saya sudah mengentry data pada komputer yang tidak terkoneksi internet. Kemudian saya ingin mengirimkan ke dalam server pendataan, bagaimana caranya?
a. Silahkan “Simpan Lokal”
b. Kemudian bawa file hasil simpan lokal tersebut ke komputer yang terhubung dengan koneksi internet
c. Install Aplikasi Desktop di komputer tersebut
d. Klik “Restore”, cari file yang sebelumnya. Maka aplikasi akan menutup dengan sendirinya
e. Silahkan masuk kembali ke dalam aplikasi, dan klik tombol “Kirim Server” untuk mengirimkan data ke server pendataan. Hingga progress bar tercapai 100%
7. Bagaimana memastikan bahwa data yang telah saya kirim masuk ke dalam system?
a. Silahkan lihat di http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id untuk progress pengiriman tingkat sekolah.
b. Pilih propinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan cari “status pengiriman“ data sekolah anda.
c. Untuk melihat “status data”, paling lama tunggu 1×24 jam apakah data tersebut
d. Belum di proses (default)
e. Berhasil di proses (1×24 jam)
f. Gagal di proses (1×24 jam)
8. Apakah setiap melakukan input data di komputer/ di laptop harus terhubung ke internet?
a Tidak harus. Di aplikasi pendataan ini kami sediakan fasilitas simpan lokal tujuannya ketika kita ingin meng-input data namun tidak ada koneksi internet maka kita bisa di simpan lokal dahulu dan ketika telah telah tersambung maka bisa langsung kirim ke server.
9. Jika saya ada pertanyaan dan kendala dalam penggunaan aplikasi pendataan. Siapa yang harus saya hubungi ?
a. KK-Datadik Propinsi/Kabupaten/Kota setempat
b. Chat dengan Technical Support Pendataan.
c. telepon CS kami
Website : http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
Forum : http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/forum/index.php
email : infopendataan.dikdas@gmail.com
Contact Person:
– Shandy (085860092216)
– Hasan (085721511354
– Yusuf (085880745015)
– Alfi (085694496800)
– Arfan (081384640290)
– Dimas (081913204343)
– Faisal Uje (085720003549)
– Kholid (08997162884)
Technical Support:
– Customer services 1 (YM: infopendataan_cs1@yahoo.co.id)
– Customer services 2 (YM: infopendataan_cs2@yahoo.co.id)
– Customer services 3 (YM: infopendataan_cs3@yahoo.co.id)
– Customer services 4 (YM: infopendataan_cs4@yahoo.co.id)
– Customer services 5 (YM: infopendataan_cs5@yahoo.co.id)
– Shandy (Skype: shandy_aprilianto)
– Elan (YM: el_pitak, Skype: elan.hermawan)
– Henry (YM: ryu354, Skype: ryu354)
– Ilham (YM: ilham_hambali, Skype: ilham_hambali23)
– Hasan (YM: has_it2, Skype: hasanc354)
– Indra (YM: drawhy, Skype : drawhy)
– Edwin (YM: edwinjuanda, Skype : edwinjuanda)
– Donny (YM: donny_fauzan, Skype : zaunaf)
10. saya sudah pernah mengentry data dengan menggunakan aplikasi versi 2011, bagaimana cara menggunakan aplikasi versi 2012?
a. konversikan database yang pernah dientry dengan aplikasi 2011 dengan link : pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/konversi.php
b. restore database dengan menggunakan aplikasi 2012, update data terbaru sekolah anda, klik validasi trasi sekolah terlebih dahulu, kemudian kirimkan ke server
11. sekolah saya memiliki lebih dari satu kode registrasi sekolah, kode registrasi mana digunakan?
a. ambil kode registrasi yang memiliki PTK terbanyak, karena kemungkinan hasil pembersihan data sekolah anda memiliki lebih dari satu akun data.
b. konsisten dengan menggunakan kode tersebut, abaikan kode sekolah yang kembar lainnya.
12. Bagaimana cara mendapatkan koderigstasi sekolah dan dboffline nya?
a. silahkan hubungi customer service/ helpdesk kami
b. tanyakan ke KKDATADIK Kabkota di wilayah kerja saudara
13. Data yang sudah di entry hilang, setelah aplikasi ditutup?
masalah yang sering terjadi adalah data yang sudah dientry kedalam aplikasi hilang :
1. data yang di entrykan ke dalam aplikasi belum valid, untuk memastikannya, silakan tambahakan 1 field lagi untuk \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”mensave\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\” data hasil inputan
2. ada flag merah disisi kanan atas data hasil entry itu menunjukkan data belum dapat disimpan dalam aplikasi
3. refresh akan menghilangkan data yang sudah bapak entry jika data yang diisikan belum valid.
4. tekan enter untuk masuk ke record kedua, maka akan terlihat peringatan dari sistem jika ada data yang belum valid, betulkan data tersebut, jika tidak data yang sudah diisikan tidak akan tersimpan / hilang
5. pastikan tidak ada tanda \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”flag merah\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\” sebelum kluar dari aplikasi
6. tekan enter atau tambah data kosong untuk memastikan inputan bapak tersimpan kemudian refresh.
7. back up data yang sudah dientry ke dalam simpan lokal
14. Dalam aplikasi tersedia fasilitas export import excell, bagaimana cara menggunakannya?
dalam aplikasi tersedia fasilitas export dan import kedalam format excell, dengan penjelasan sebagai berikut :
TUJUAN:
1. untuk memfasilitasi data yang biasanya sudah tersedia di dalam masing-masing sekolah sehingga tidak perlu menuliskan ulang satu persatu data yang sudah dimiliki oleh sekolah seperti nama siswa, NISN, Tempat lahir, tanggal lahir, dll, sesuai data yang dimiliki sekolah sehingga sekolah cukup copy-paste saja dari data yang sudahdimiliki sekolah sebelumnya.
2. memudahkan untuk mengentry data kedalam format excell (bagi yang familiar)
ATURAN :
1. Setting terlebih dahulu regional komputer anda ke dalam settingan waktu indonesia, dengan cara: start- control panel- clock, Language and region pilih format INDONESIA
2. excell (.xls dan .csv) hasil export dan import hanya dapat digunakan \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”SATU KALI PAKAI\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”. hapus 2 file tersebut setelah digunakan, untuk mengentri kembali data kedalam excell harus dimulai dari export dari aplikasi.
3. data yang masuk hasil import ke dalam aplikasi akan menimpa seluruh nya data yang ada di panel siswa jika mengimport ke dalam panel siswa, atau PTK jika mengimport ke dalam panel PTK
4. ENTRY data ke dalam bentuk excel hanya sesuai dengan format hasil export dari aplikasi, yang berisi angka-angka atau kode
5. Hanya untuk keperluan entry data primer Siswa dan PTK saja, sedangkan untuk entry data rinciannya masing-masing PTK tetap didalam aplikasi
6. ikuti cara inputan sesuai dengan contoh record / isian data pertama
CARA:
1. isikan lebih dahulu satu \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”record\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\”/ isian secara lengkap siswa
2. pilih tab export excell, simpan dalam direktori dalam bentuk excell (.xls atau .xlsx)
3. buka file tersebut dan entry data ke dalam file tersebut dengan format isian seperti contoh isian paling atas hasil entryan dari aplikasi
4. dapat dilakukan copy paste dari data yang dimiliki sekolah, ke dalam excell tersebut sehingga mengurangi beban entrian sesuai dengan kolom yang ada (misal sekolah sudah memiliki file excell nama-nama siswa, NISN, nama PTK, dll)
5. setelah selesai entry data simpan file tsb dalam format .csv (save as – pilih format: csv comma delimited)
6. import ke dalam aplikasi file .csv tersebut, maka data yang anda entry dalam file excell akan masuk ke dalam aplikasi dan menimpa data seblumnya.
7. hapus file excell baik .xls maupun .csv nya, jika anda ingin menambahkan data lagi, export lagi melalui aplikasi dan lakukan langkah-langkah seprti diatas .
8. atau anda dapat melanjutkan entry data didalam aplikasi nya
9. INGAT file .xls dan .csv hanya di gunakan satu kali pakai, setelah selesai export – import HAPUS file tsb
10. fasilitas ini digunakan jika anda ingin mengentri data dalam bentuk excell dengan tujuan dapat mencopy-pastekan data yang sudah tersedia di sekolah sebelumnya
CATATAN PENTING EXPORT IMPORT :
1. fasilitas export dan impport dapat digunakan dengan syarat panel rincian tidak diisi terlebih dahulu ketika mau export/import, panel rincian diisi ketika selesai export dan import karena jika tidak akan mengakibatkan data INVALID
singkatnya isikan data rincian ketika selesai menggunakan fasilitas export import
15. Dapatkah pekerjaan entry data pada satu sekolah dikerjakan oleh lebih dari 1 orang?
ya dapat, dengan menggunakan fasilitas entry data dalam format excel (hasil export) membagi beban entry ke beberapa orang kemudian disatukan dalam 1 sheet excell (copy-paste) untuk di import kan kembali kedalam aplikasi.
entry data bersama-sama tidak dapat lakukan dalam aplikasi tapi menggunakan fasilitas export-import dalam excell
\\\”perhatikan rule aplikasi \\\”export import\\\”
16. Dapatkah 1 komputer digunakan untuk mengentri data lebih dari 1 sekolah?
Ya dapat, dengan cara merubah/rename “folder data” di C:\\Aplikasi Pendataan dengan nama sekolah yang telah dientry. Lalu buka kembali aplikasi pendataan maka sistem akan kembali menanyakan kode registrasi dekolah yang akan di entry lagi.
Untuk mengaktifkan kembali database atau aplikasi sekolah yang sebelumnya “rename” folder tersebut menjadi data. Dengan demikian folder data adalah menunjukkan sekolah yang aktif di dalam aplikasi.
Terimakasih semoga membantu.
saya menggunakan satu komputer dengan menggunakan satu password dan satu nama username untuk dua sd bagaimana cara melihat data di manajemen pendidikan dikdas, yang muncul cuma satu sd
kok bisa sama usernamenya…? sebenrnya tidak masalah asalkan passwordnya berbeda, dan terpenting lagi saat registrasi tentunya juga berbeda.. satu sekolah dengan sekolah lain.. jadi tidak ad yang sama dengan nomor registrasi.
slmt pagi mas Hans? saya operator caringin 2. sudah beberapa kali kirim data ke server, tpi hasilnya pending. & stlh hasil perubahan nama SD, NSS, NPSN tdk berubah. tlng bantuannya …… trims…
kenapa data yang sudah saya kirim berapa kali datanya tidak berubah, padahal sudah saya perbaiki sampai ke dinas sampai mengubah aplikasi 207, tetap aja ada ptk yang salah bahkan data diupdate bsd masih tercantum tgl 8April padahal saya sudah mensinkron terus setiap hari,,
maksudnya status diterima via sms,sedang diproses, dan cek apa ya data saya statusnya diterima via aplikasi berarti apa
data SDN LOMBOK WETAN 2 Kemana tu mas kok menghilang, tolong balez k email kami
Mas sdn2 bansari kecamatan bulu kabupaten temanggung kok bisa hilang datanya itu gimana nich tolong dibantu
mas hans, kalo udah ngirim beberapa kali kemudian di statusnya diterima via aplikasi bagaimana maksudnya ? kemudian saya coba cek di manajemen pendataan tapi data sd saya kosong, bagaimna mas? mohon bantuannya mas. terimakasih.
pa mau tanya pas masukan PTK ke dalam rombel kenapa tidak bisa dipindahkan
“tidak memiliki record terdaftar sehingga tidak dapat di input pada data mengajar ”
bagaimana solusi permasalahan yang seperti itu,,?
terimakasih,,,,
lg di cari soliusinya… belum menemukan solusinya bu… silahkan berkunjung beberapa saat lagi di sini..
Ass. mas, tolg kami di jelaskan apa maksud nya data yang kami kirim keterangannya Cek konversi….dan apa yng harus kami lakukan agar data yang kami kirim keterangannya berhasil diproses…jwabnay tlg ke email sekolah kami
Tunggu saja validasinya dari pusat pak…
Mas admin, kami sudah kirm data lewat aplikasi lama, trus bgmana caranya beralih data tersbt ke aplikasi terbaru?..mohon pencerahannya
mmmm… ikiti langkahnya
1. Buka aplikasi lama
2. backup local datanya (simpan di tempat aman, jangan sampai luppa loksai penyimpnananya)
3. uninstall apliaksi lamma-nya
4. install aplikasi yang baru-nya
5. masukkan registrasi yang samma saat pendaftaran awal (alamat email, pasword, nama sekolah, kode registrari dsb hatrus sama)
6. jalankan aplikasi baru… Login
7. restore.. (klik restore, cari data backup (langkah 2)
8. Ok.
selesai..
Trims atas bntuannya mas….ini ad yng kami tnyakan lg… data yang kami kirim lewat dinas kabupaten sebelumnya belum lengkap dan masih memakai versi 13.0.0, kemudian kami ingin mengirim data baru lewat server langsung dengan versi 13.0.01….apa bisa?, atau harus dikirim lewat dinas lagi mas?….mohon bantuannya
tentu saja bisa, dan Sebaiknya begitu, kirim sendiri saja via aplikasi, kan sangat mudah tinggal klik kirim ke server (tidak sampai 1 menit selesai), tidak harus ke dinas. ya bisa saja silahkan Upgrade ke versi terbaru. tapi ingat! “Plus Hati-hati…! “sebelum di upgrade ke veri terbaru, data di back up local dulu. Kesalahan dalah proses di atas bisa mengakibatkan data hilang semuanya..
terimakasih telah berkunjung.
mas hans….data yg kami kirim lewt dinas sudah sampai tgl 30 oktbr…trus sudah ada keterangannya di info data “cek konversi” sampai skarng, apakh tidak akan eror data baru yang ingin kami kirim lewt server lgsg tnpa lewt dinas?…atau data kami bisa lagsng masuk ?…tlg pencerahannya mas and trims sblmnya.
ya lebih baik kirim sendiri via aplikasi…
Mas hans….pada kolom rombel data siswa setelah saya move ke kolom lainnay, data yang tempat saya move tersebut tidak ada alias pindah tempat…kalo pada ptk setelah saya move datanya masih ada…mohon pencerahannya mas?
Saya kurang mengerti maksudnya, kalaau tidak salah saya tangkap pertanyaan Bpk, siswa yang di masukkan ke rombel tidak bisa masuk..? jika benar… silahkan bapak, pillih dulu kelasnya kemudian silahkan masukan siswa berdasar kelasnya.. jangan buru-buru keluar dari aplikasi setelah memsukn siswa ke rombel..
Ass,,mas Data kami Aplikasi Pendataan SD N 3 Talang Mandi belum terkirim..karena data peserta didik hilang setelah di import..apakah masih bisa kami mengirim data tersebut kembali.
ya masih bisa.. tetapi harus entry data lagi…
Mas hans…knapa data PTK sampai data sekolah tidak muncul di sistem manajemen pendataan??? padahal data yang kita kirim sudah terisi mulai dari data sekolah sampai pada data PTK,,,kenapa bisa begitu mas,,tlg pencerahannya
Ya memang demikian, data siswa dan PTK belum bisa di lihat… hanya informasi sudah mengirim apa belum saja…
makasih mas hans atas informasinya?…tapi mas apakah nanti pada saat semester 2 kita harus ngirim data lagi???.
kita tunggu saja perkembangan selanjutnya… kalau sistem baik harusnya tidak perlu lagi input data, paling hanya ubah rombel saja.. keculai kelas baru..
trims ats pencerahannya mas…
mas, saya dari sd n 1 krakal, kecamatan alian, kabupaten kebumen, saya sudah mengirim data lewat aplikasi dikdas, tapi data saya nyasar ke kecamatan lain, bagaimana ini ya mas. atas jawabannya saya ucapkan terimakasih.
Maksudnya nyasar gimana pak… kok bisa nyasar… kririm data secara online tidak mungkin nyasar.. kecuali nomor registrasi yang dijadikan saat pendafataran keliru…
maksudnya masuk ke kecamatan lain, saya kan di kecamatan alian, setelah saya cek, sekolah saya di kecamatan alian tidak ada, dan setelah saya buka di kecamatan kebumen, ternyata ada nama sekolah saya. kode regristasi saya setelah saya cek juga sudah sesuai dengan yang di panduan. pengisiannya juga saya pilih kecamatan alian. bagaimana ya mas, mohon penjelasannya lagi. masalahnya di kecamatan alian hanya sd saya yang tidak masuk. terimakasih sebelumnya.
maksudnya saya kan di sd krakal, kecamatan alian, saya cek di alian, data sd saya kok tidak ada, setelah saya cek ternyata sd saya masuk ke kecamatan kebumen. padahal nomor regristasi yang saya gunakan sudah sesuai di panduan. minta penjelasannya mas hans. karena di alian hanya sd saya saja yang tidak ada. terimakasih sebelumnya.
Kalau demikian kami tidak bisa membantu secara langsung… yang bisa memngatasi masalah seperti ini adalah pusat atau melalui dinas setempat, atau silahkan menghubungi langsung di help desk… Maaf pAk..
pak untuk versi yg terbaru 13.xx pada rombel terdapat kolom moving class dg pilihan ya/tidak, tolong penjelasannya
Moving class, jika siswa yang datang ke ruangan guru.. pilih tidak jika guru yang datang ke ke kelas… seperti biasanya…
terimaksih pak…..satu lagi permasalahan
kebanyakan OP Sekolah tidak mengisi (mengosongkan) status kepegawaian GTT/PTT yg bekerja di sekolah negeri,…pilih GTT/PTT Kab/Kota atau Guru Honor Sekolah, sedangkan GTT/PTT tersebut ber-SK Kepala Sekolah,…
Guru Honor Sekolah
kami dari SD Negeri garut 2 kopo-serang-Banten sudah mengirimkan data aplikasi,status sudah diterima, diproses, tapi yg tidak mengerti kenapa hasil verifikasi tim kk datdik Kab.Serang hasilnay 0 ( nihil )
silahkan di cek sendiri di sini pak… http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id
SD Kami telah mengirim data via aplikasi, beberapa waktu kemudian status pada eport progress “cek konversi”. keesokan harinya kami cek lagi tapi nama sd kami malah tidak ada/hilang. bagaimana solusinya mas, apakah mengakibatkan fatal, data jadi hilang diserver pusat? terima kasih
kalau datanya masih ada… siahkan coba kirim ulang…
halo mas hans
data sdn getas 3 dah terkirim cuma komputer yang digunkan rusak dan data yang ada didalamnya ilang semua, saya minta data basenya sdn 3 getas terima kasih
halo mas hans
data sdn getas 3, kecamatan kradenan kab. blora Jawatengah
dah terkirim dan sudah diterima server cuma komputer yang digunkan rusak dan data yang ada didalamnya ilang semua, saya minta data basenya sdn 3 getas terima kasih.
Silahkan login secara online.. kemudian download backup…
sampai saat ini nama sd kami tidak muncul di report progress, awalnya ada, sdh 2 kali kirim, tapi status pada aplikasi dan masuk lewat pendataan dkdas “login” BERHASIL DIPROSES. bagaimana caranya agar nama sd muncul lagi direport progrss ya mas?
sebenranya yang bisa menjawab ini dalah sistem… artinya, kesalahan ini bukan dari pihak bapak ibu, yang menjadi kewajiban bapak ibu sementara ini adalah “sudah mengirim”…
mas, saya mau nanya knapa manajemen pendataan sdh tidak bisa dibuka…?? sya mau mlihat hsil pengiriman data, tapi manjmen pndataannya sdh tdk mnampilkan tmpat utk mngisi alamat email dan pssword. trma ksih…!
UNTUK SD NEGERI DUKUHDAMU 02 ( KAB TEGAL -KECAMATAN LEBAKSIU -JATENG)PENDATAAN APLIKASI (Terkirim Via Aplikasi) koq sampe skarang belum ad keterangan berhasil diproses, yang harus kami lakukan bagaimana?
tunggu saja di proses yang poenting sudah terkirim…
asss…. mas Hasn kami sdn caringin 2> sudah bebrpa x kirm dta ke server, lapornnya pending datanya masih salah trs> padahal di aplikasi sya itu udh hsl prubahn: cnh: sdn caringin2 => sdn caringin 2 caringin. sss 101021119007=> 101021131002. npsn 20224740=>20225740 dll. tapi pdinfo pendataan di cex msih dta yg LAMA> trims
ditunggu saja perubahannya….
tentang DATA DAPODIK: Mas,m tanya klo Nama SD q tiba” gnti nama SD lain,tp datanya msih ttap pnya SD q..cara benerin gmna???
dr Jepara,Jateng..trim’s
saya mau bertanya,sudah beberapa kali saya mengakses http://p2tkdikdas.kemdiknas.go.id,,tapi knp tidak bisa masuk?
mas saya sudah berapa kali mengirim file nya. tetapi sampai detik ini report progres nya gak ada mas (berhasil diproses). mohon bantuan dan penjelasannya mas.
di tunggu saja kalo memang sudah berhasil kirim…
kenapa alpikasi saya tidak bisa menampilkan informasi tabel jumlah siswa
Sudah di buat belum rombel nya…?
mas has, maaf, mau tanya lagi. alhamdulillah, sd krakal 1 sudah masuk di kecamatan alian,
tapi ada persoalan baru lagi, setelah data saya kirim, dan saya unduh profil sd saya, ternyata di profil di terangkan bahwa sekolah tidak memiliki data siswa. padahal dalam aplikasi siswa lengkap. mohon penjelasannya. terimakasih sebelumnya.
kirim ulang pk..
mas,jika ada kesalahan atau data belum diisi dalam dapodik gmn cara memperbaiki, trims
Ngedit tidak bisa, satu satu nya cara, edit data yang mau di lengkapi di aplikasi, kemudian kirim ulang.. dan tunggu sampai ada verifikasi pusat di web..
Alhamdllh dah ada dikec. yg benar. tapi Kenapa ya pk, data sd kami pada profil sekolah (didwload dg memasukkan kode registrasi) jmlh psrta ddiknya menjdi berlipat ganda, jmlh PTKnya jga tidak sesuai dengan yg kami input diaplikasi. Terimaksih
di profil dan absen pd aplikasi (excel) sesuai dg yg kmi input , hnya yg hasil dwnlod saja yg tidak sesuai
data dapondik sd negeri batu 1 npsn 20319864 kecamatan karangtengah kabupaten demak..tidak masuk sesuai kecamatannya malah masuk di kecamatan lainya di kabupaten demak..jmh seluruhnya 36 sd yg sesuai masuk kec.karangtenagh br 11 yg sisanya masuk kecamatan lainnya..bagaimana agar kembali sesuai kecamatannya lagi
Maaf Admin mau tanya : terkadang dalam memasukkan guru ke Rombel terdapat kesalahan .. tidak memiliki track record.. sehingga guru tidak bisa masuk ke rombel.. tuh letak kesalahannya dimana??
saya sudah mengirim data dari kelas 1-6 pada taun ajaran 2011-2012 memakai aplikasi lama. kemudian di download lagi versi yang baru. tapi data yang dari kelas 1-6 nya hilang. bagaimana itu?
harusnya tidak masalah kalo bapak memeang pernah mengirim pada tahun 2011 itu, dan seharusnya sebelum melakukan kegiatan merestore data atau menutak atik data sebelumnya data lama harus di backup local dulu agar kesalahan seperti ini tidak terjadi. dan jika bapak pernah melkukan backup data pada tahun 2011 (yang lama) silahkan restor di aplikasi yang baru.
Maaf, data aplikasi kami baru di kirim, A.n. SMP Negeri 2 Bacan Kabupaten Halmahera Selatan
Kami mau tanya, sampai saat ini kami kebingungan bagaimana cara memasukkan PTK ke dalam rombel karena setiap kali dipindahkan ada peringatan ” tidak memiliki record terdaftar sehingga tidak dapat diinput pada data mengajar ?
siang mas hans. alhamdulillah, data sd saya, sdn 1 krakal kec. alian, kab. kebumen. saya ingin tanyaj, untuk melihat hasil apakah ptk di sd saya berhak menerima tunjangan atau tidak di mana ya. terimakasih.
Maaf pak, sya kurang mengerti pertanyaan Anda..
ia, maaf sekali mas hans, mungkin pertanyaan ini bukan seharusnya di ajukan ke mas hans. tapi sebagai pengetahuan, maksud saya begini, salah satu fungsi dari pengisian dapodik ini adalah untuk menentukan penerimaan bos oleh sekolah yang bersangkutan, termasuk penentuan ptk yang berhak dan yang tidak berhak menerima berbagai tunjangan, seperti kualifikasi s.1 dsb. setelah data terkirim, di kab.kebumen di informasikan ada sekitar 1800 guru yang tidak berhak menerima tunjangan dan skitar 700 guru data tidak lengkap. nah, maksud pertanyaan saya, untuk mengetahui ptk di sd saya berhak menerima tunjangan atau tidak, atau data sudah lengkap apa belum di mana. atau mungkin mas hans tau di mana sharusnya pertanyaan ini di ajukan. terimakasih.
Ya tidak apa-apa pak… ini namanya sharing bagus itu, dan trims atas info ini… Ok kita cari tahu sama-sama… (sementara ini saya juga belum tahu…), trims telah berkunjung, pak Chotibul Umam… dari kebumen..
slmat siang pa, SDK RUTENG III tidak ada di data pusat, sehingga kalo mau cek di infopendataandikdas, tidak ada, saya sudah mengirim data SDK Ruteng III ke server dan terkirim 100%, tapi saat cek di infopendataandikdas tidak terdaftar, bahkan nama SDK Ruteng III di propinsi Nusa Tenggara Timur-Kabupaten Manggarai-kecamatan Langke Rembong, tidak ada, atau tidak terdaftar… terima kasih.
pak saya dari SDN 17 Pematang Pudu Kabupaten Bengkalis
mw bertanya kode registrasi aplikasi pendataan tuk sekolah kami tlg d bantu pak…
terima kasih pak…
mohon blz k email ea pak…
mas hans aplikasinya sukar di buka kenapa ya?
sukar kenapa ya..? error atau gimana..?
Lam Kenal,Mas. Saya Sukistiono dari SMPN 5 Banjit Kab. Way Kanan Prop. Lampung. Saya pun menemui kesulitan saat memasukkan nama PTK ke Rombel. Muncul info sebagaimana y telah di tanyakan oleh Naraku dan lainnya yaitu “PTK tidak dp diinput karena tidak memiliki record mengajar”. Bagaimana solusinya? Trims atas penjelasannya.
ya bapak sudah tahujawabnya.. trims sharingnya.
Alhamdulilah,untuk masalah PTK yang tidak dapat “ditarik” ke rombel, monggo klik saja alamat ini http://suprikajen.blogspot.com/p/sharing-file-file-aplikasi-pendataan.html
Ya bagus, trims atas sharingnya…
data kami dr SMP Negeri 9 Kota Sorong Provinsi Papua Barat telah dikirim beberapa hari yang lalu, tapi sampai sekarang belum ada perubahan, tlg info selanjutnya
ya memang demikian pak, tidak langsung berubah…
di haurgeulis indramayu 80% sudah ada jawaban yang benar dari p2tk tapi knp SDN Sidodadi II semua gurunya jumlah jam mengajarnya masih belum benar semua? tolong berikan hasil yang valid. trm.
coba cek di sini pak atas keluahn bapak.. http://116.66.201.163:8083/info_faq.php
data sudah lengkap invalidnya 0 tapi ngga bisa ngirim data.dimonitor selalu offline.sudah saya konsultasikan ke dinas kabupaten tabalong.bahkan saya sudah kewarnet,tapi tetap saja offline.gimana pak solusinya.saya sudah pusing pak.dari suriani sdn puain kanan kabupaten tabalong kalimantan selatan
silahkan bapak cara trik ini.
1. ganti komputer baru
silahkan bapak instalkan aplikasi pendataan dikdas yang baru di komputer baru (kpmputer openggati),
2. silahkan resgistrai ulang seperti, speerti username (email), password, dan penting kode registrasi sekolah.
3. setelah berhasil coba cek dan pastikan statusnya bisa online (komputer harus sedang terhubung ke internet)
4. silahkan bapak backup database (backup Local) yang ada di komputer lama (yang tidak bisa online). ingat filenya di simpan di mana..!
5. copy file backup-an tadi (langkah no 4.) ke flash disk.
6. masukkan / pindahkan flashdisk ke kopmputer yang baru tadi, yang sudah si instal aplikasi baru. kemudian lakukan restore database di komputer baru tersebut.
7. silahkan kirim ulang ke server.
demikian semoga membantu.
Mas, ni operator smpn 2 rambah hilir kab. rohul prop. riau. data terbaru udah saya kirim, tapi saya cek di info pendataan dikdas kemdiknas belum keluar info terkirimnya, disitu masih berita terkirim yang lama bulan 11 tahun 2012, jadi gimana tu mas ?
perubahnnya tidak seketika.. tiunggu beberapa jam bahkan hari.
bisakah memperbaharui alamat email untuk aplikasi pendataan dapodik soalnya yang lama saat pendataan tidak valid dalam memasukan faswordnya sehingga aplikasi tidak bisa dibuka. asalnya sdn _cikalapa@yahoo.com dengan fasword cikalapa diganti dengan fasword lain ?
bisa tapi riskan sekali kao salah… caranya ada di cd panduan pak, intinya bapak harus mereset username dan password, yaitu dengan menghapus database admin yang ada di folder applikasi pendtaan, kemudian bapak jalankan aplikasi kembali dan isikan formulir speerti yang di minta, seperti username (alamat email) password dan nomor kode registrasi sekolah bapak..
Data kami di SDN Baddurih sudah valid ptk dan peserta didik, tapi di online peserta didik amburadul mohon petunjuknya, trims
amburadul gimana pak.. yang penting bapak sudah kirim ke server pak..
Mas Hans salam kenal, beberapa minggu lalu data yang kami kirim sudah valid, hanya beberapa guru yang belum bersertifikasi id bidang sertifikasi “fatal”, setelah beberapa hari, jjm banyak yang kosong, ada solusi?…kenapa data berubah-ubah
coba silahkan cek di sini pak.. http://116.66.201.163:8083/info_faq.php
ass pak. bagaimana cara update data semster 2 pak, saya sudah update tetapi msih blum terbaca? di tunggu informasinya terima kasih
memang baru semester 1 semester 2 belum di aktifkan dari pusat
mas han mw tanya..setelah saya backup dan restore data dari versi 12 ke 13…data peserta didik pada pilihan rombel yang akan di drag ke masing2 rombel kok gak muncul jadi gk bisa di move siswanya krna data peserta didik gk ada..tapi data siswanya sudah masuk ke masing2 rombel..sedang data ptk masih ada…mohon balasannya…makasih
kalo sudah masuk ke rombel.. ya harus begitu, artinya siswanya sudah di masukkan ke kelas. sehingga daftar nama yang sebelah kanan bawh harus kosong. kalau masih ada artinya siswa tersebut belum masuk kelas / rombel manapun. dan itunnormal pak.
oh gitu ya mass…satu lagi mas..dulu saya sudah ngirim data jam mengajar guru….tetapi saya gabung di satu kelas…trus saya perbaiki..yg data sebelumnya saya hapus trus saya pecah2 per kelas..lalu saya kirim ulang…setelah berhasil diproses data jam mengajar gurunya jadi double 48 jam..pdhl data yang sebelumnya sudah saya hapus…itu gimana mas?(saya pke versi 12)
saya memperbaiki nilai raport secara online tapi tidak menemukan kata save?
Nilai raport kelas IX pdk jateng maksudnya..?
Pak maaf, saya masih kurang faham tentang “moving class”, mohon bantuannya !!!
Gini aja.. pilihan moving class pilih aja bukan, ataubukan moving class, karena di indonesia masih jarang bahkan tidak ada yang menggunakan sistem moving class. Moving class itu seperti orang kuliah pak misalnya, siswanya yang pindah mencari kelas tergantung dosennya apa. gitu kira.kira.
mas..dulu saya sudah ngirim data jam mengajar guru….tetapi saya gabung di satu kelas…trus saya perbaiki..yg data sebelumnya saya hapus trus saya pecah2 per kelas..lalu saya kirim ulang…setelah berhasil diproses data jam mengajar gurunya jadi double 48 jam..pdhl data yang sebelumnya sudah saya hapus…itu gimana mas?(saya pke versi 12)
Reply
berarti ada data ganda pak, data awal masih tetap ada. coba cek lagi..
mas tampan ada format excel buat ptk buat laporan bos gak??seperti buat peserta didik..??yang datanya di ambil dari data dapodik supaya tidak manual operator memasukan data yang sudah ada..
aduh aduh siapa yah, mas tampan muarisanding tiga.. hem..
maksudnya gimana yah, mungkin jawaban ini yang anda maksud, butuh laporan bos gitu.. ya datanya di export saja ke excel dari aplikasi pendataan… gitu mas ganteng.. he..
mas…kai dari sdn 24 pekanbaru..masih bingung masalah aplikasi pendataan ini…kami pernah mengirim data pake server..dan terkirim..cuma kok tidak ada jumlah jam mengajar kami,,sementara ada guru2 di sekolah kami yang tidak bisa mendapatkan tunjangan fungsional karena terkendala di data aplikasi yg dikirim kemaren tidak ada jumlah jam mengajar nya,,apa mengirimnya pake aplikasi yang lama atau yg baru ya mas,,tolong penjelasannya trims mas..
Pakai aplikasi yang baru, saya sendiri pakai aplikasiyang versi 13.x.x, pastikan pengsisan data ptknya benar bu, bisa di cek disini kalau ada pertanyaan silahkan klik disni untuk baca-baca..
bagaimana cara nya untuk satu dapodik bisa di masukan lebih dari satu komputer ! dikarenakan untuk menjaga kerusakan komputer atau komputer hilang dan rusak!
Backup data pak..
Halo mas mau tanya ni, saya sudh kirim aplikasi yang baru dan berhasil, tapi kenapa murid kelas 6 yg tahun lalu kok masih ada ya ?
Tanya lagi mas, kalo sudah kirim data yang baru data yang lama gimana ? trus yg dipakai di pendataan dikdas data yang mana ?
As…, 1. Bagaimana persyaratan validasi data Pengawas tentang jumlah sekolah binaan yg disampaikan oleh pengelola bahwa aplikasi data untuk usul penerima tunjangan profesi tahun 2013 jumlah sekolah binaan minimal 12 sekolah, sedangkan dlm permenPAN-RB No.21/2010 dan SKB Mendiknas-KaBKN/2011 dimuat bahwa Pengawas TK/SD minimal 10 sekolah, Pengawas SMP/SMA/SMK minimal 7 sekolah.
2. Bagaiman kami belum menerima kekurangan tunjangan profesi tahun 2010, karena tahun 2012 lalu kami tidak mendapat SK Dirjen pemerima kekurangan tunjangan profesi 2010 padahal pengelola dinas kabupaten sudah berulang mengirimkan usulannya.
Mau tanya mengenai mengentri data….
jika data dimasukkan dalam komputer berbeda… kemudian ingin menyatukan data itu bagaimana caranya? apa itu bisa dilakukan?
kenapa sudah saya kirim data lengkap SMP terbuka praya Barat 2 tidak muncul jumlah siswa dan PTK
kenapa yang terbaca pada JJM seperti pada KTSP pada hal kita menggunakan 5 jam perminggu. pada KTSP 4 jam
gimana jika saya lupa admin dan pasword untuk masuk login,apa ada solusi nya pak..atau dengan cara lain agar dapat login online,,,data aplikasi di komputer hilang semua beserta data yang terkait,,,,beserta backup lokal nya,,,tolong di bantu ya admin,trimakasih
mas kapan si bisa aksess di p2tkdikdas tuk bisa brows data ptk
atau ada web lain yang bisa akses. Thanks
ngampung tanya…kenapa di infopendataan rombel yang muncul di skolah saya cm 1 rombel…padahal adaa 7 rombel???masalahnya dimana y???
mas han ini dari sd negeri 1 tuksari kenapa kode registrasi tidak bisa digunakan
mas tolong dibantu untuk sd saya kenapa gak bisa digunakan kode registrasinya
maaf pak harus ke dinas setempat.. terrimkasih..
Mas knapa sih SDN Girimukti belum terdetek juga di KBB sampai sekarang juga belum juga di liat hasilnya
Mohon bantuannya agar cepet di proses agar bisa di lihat di pendataan dikdas,
saya mau tanya saya kan dr sekolah sma muhi 1 cilacap tp saya mau pindah kesekolah sma di kebumen, bisa tdk saya pindah ke sekolah di sma kebumen tp jgn yg di sma muhi . . .mksih
mau konfirmasi SDS IMMANUEL sekarang menjadi SD EMANUIL dengan no NPSN 20109567 saya udh kirim tp blm ada saya cek data tsb belum ada. apa yaang hrs saya lakukan.tk
MAS tolong bantuannnya
saya operator di SD Inpres 3 Sausu kec. sausu Kab. Parigi Moutong
telah mengirim data lewat aplikasi dapodik 8 hari yang lalu
tapi kenapa sampai sekarang masih cek konversi terus
apakah saya harus mengirimnya lagi berulang-ulang
soalnya hari ini tanggal 5 aprill 2013 saya mengirim data ke server lagi
mohon bantuannya ….. mas….
jika terus menunggu kok waktunya sampai delapan hari si…
Perubahan data dilakkukan 1 minggu bahkan 2 minggu sekali… so tunggu saja.. cukup kirim sekali saja jika sudah pasti terkirim…
mas saya dari SDN 43 Ogan Komering Ulu Sumsel, kami sudah mengirim beberapa kali tapi masih Cek Konversi,terus bagai mana bisa melihat data yang sudah masuk
dan kami lihat di data Per5 April guru2 SDN 43 OKU tidak masuk, terus saya kirim lagi tanggal 9 April kemaren dan sekarang masih cek Konversi
bagaimana solusinya mas ………????
kira2 data yang saya kirim kemaren masuk tidak mas
terimakasih atas waktunya.
Kalo status cek konversi artinya data sudah masuk, tinggal tunggu prubahannya sekitar 1 minggu, untuk cek kebenaran data secara aplikasi bisa lihat komentar saya di atas..
numpang tanya. data sdh sy betulkan sesuai petunjuk dan sdh sy save lalu sy kirim tp data pd poin 20 JJM nya masih tetap 18 jam. dan malam ini sy cek lagi pengiriman data tertulis diupload tgl 15-12-2012. pdhal cek kemarin upload data dikirim pd tgl 13-04-2013. sy jd bingung mohon bantuannya.
mau tanya mas…. kenapa data dapodik guru yang sudah saya kirim dan saya perbaiki jjm belajarnya balasannya data yang telehditerima sempurna dan lolos dari validasi akhir, setelah saya cek di verifikasi data dapodik koq.. belum berubah…yang ada masih data yang lama… mohon sangat pencerahannya!
mau tanya mas…. kenapa data dapodik guru yang sudah saya kirim dan saya perbaiki jjm belajarnya balasannya data yang telehditerima sempurna dan lolos dari validasi akhir, setelah saya cek di verifikasi data dapodik koq.. belum berubah…yang ada masih data yang lama… mohon sangat pencerahannya!
apa yang dimaksud moving class dalam dapodik
maaf numpang nanya dan tolong dijelaskan. yang jadi permasalahan jam mengajar guru ketika di cek dalm Verifikasi data guru ko jam ngajarnya tidak masuk? padahal ketika dikeluarkan propil sekolah dalam aplikasi dapodiknya sudah tid ada masalah dalam arti jam ngajarnya sudah ada? mohon penjelasanya
mas hans. tolong bantuin dong…..
bagaimana caranya mengclean up data ptk dan lain-lain, sesuai informasi validasi terhadap data-data yang masih invalid??????????? tolong balas melalui email saya
mas mau tnya….sya krim data lwat aplikasi tgl 26 April 2013 dan sdah bhasil diproses. tpi knapa data PTK masih belum berubah.(masih data yang sya kirim sebelumnya) mhon solusinya y mas ……mkacih
Mas bagaimana cara untuk membuka aplikasi kalau lupa Kode Registrasinya?
tolong bantuannya mas,
saya operator SMPN 1 Karossa, saya dapat perintah memperbaiki dapodik sekolah saya untuk semester satu, apa saya bisa mengadopsi backup data dari yang semester dua,,,,?????
bisa saja.. melalui bacup dan restore
Pak saya dari NTB mau nanya kalo status pengiriman “Tidak Ada Perubahan ” apa perlu saya kirim lagi
tidak usah..
pagi mas…mau tanya ,,sy sdh sinkronisasi data siswa tp kok jumlah data di skl sama di dikmen ga sama ya?selisih satu jumlahnya,,pdhl import datanya sudah benar….mohon bantuannya…mksh
slmt siang bang,
1. kamis, 17 mei 2013 saya kirim data dapodik keserver, esoknya statusnya lolos validasi akhir, tp ada nuptk yang bermaslah, lalu diperbaiki dan dikirim lagi senin, 20 mei. eh ..sampai skrg statusnya berhasil diterima belum validasi akhir, brp lama kira2 nunnggunya bang?
2. ketika cek data tunjagn, yg ada hanya dta . status sk nya, kita liat dmn bang ?
Pa, dalam verifikasi dan validasi nuptk harus mencantumkan nama ibu sesuai akte, tapi nama ibu saya dalam akte dengan pemberkasan PNS dulu berbeda, apakah bisa menjadi kendala untuk selanjutnya? mohon pencerahannya pa, saya bingung. Terima kasih.
agar bisa masuk gunakan nama orang tua saat pendaftaran.. Jika berbeda, tentunya Update nama Orang tua yang sekarang.
pak saya dari operator dapodik kab. banggai sulawesi tengah menanyakan, kami suda mengirim data aplikasi pendataan dan untuk mengecek berhasil harus masuk ke managemen pendataan pendidikan yang menggunakan password, dan bagai manacara unutuk mendapatka password pada sistim manajemen pendataan pendidikan,
mohon petunjuk dan sarannya,
terimah kasih atas bantuanya
Selamat Siang Mas Hans, saya operator dari SD Inpres Toliwang “B” Kab. Halmahera Utara, Prov. Maluku Utara, Kec. Kao Barat… Sya ingin tanyakan bagaimana cara pengisian tahun ajaran di aplikasi Pendataan, soalnya waktu saya mau input data baru setelah penerimaan siswa baru, saya bingung.. karena tidak ada pilihan untuk merubah tahun ajarannya yakni 2013-2014 yang ada di aplikasi hanyalah TA. 2010-2011 dan TA. 2012-2013, mohon penjelasannya..???? Terima kasih…!!
Untuk ini nanti ada aplikasi terbaru “Dapodik 2013”
aq op sekolah SD mojo 01 kec Cluwak Kab Pati tolong kirim kode reg masalahnya compternya rusak hilang aplikasinya tolong yg tahu kirim lewat sms ke no saya 085229759555 trimakasih
Selamat siang Mas Hans,saya OP dari SD Sriwedari Malang,Jawa Timur.
Ada permasalahan sekitar dapodik yang membuat saya cukup stres beberapa hari ini. Saya baru tau kalo data yg saya masukkan ke Dapodik 2012/2013 ada yg tidak lengkap. Hal ini menyebabkan TPP guru di sekolah kami tidak cair. Setelah sy cek sk tunjangannya tertulis jumlah jam rombel tidak wajar. Saya sudah perbaiki di dapodiknya, tetapi batas akhir pengiriman verifikasi data yang masih salah tersebut sudah berakhir. saya coba kirim e-mail ke admin.simsktp@gmail.com, infopendataan@gmail.com, dan pendataan.dikdas@gmail.com.
sampai sekarang belum ada jawaban dan belum diproses.
Apakah data dapodik di sekolah saya th 2012/2013 masih bisa diperbaiki? mohon penjelasanya. Trimakasih…
pak…saya oprator SD Alkhairaat Tobelo mau tanya apa, setelah saya masukan data PTK yang baru tapi belum ke kolom PTK yang lama kemudian apa data sekolah kami sudah terkirim atau belum dan sdh ada no registrasi yang baru atau belum ? Trms. . .
Mas Hans. terima kasih atas tuntunan atas aplikasi cara membuat data melalui jalur on line ini. aplikasi ini sangat membantu kami didaerah untuk membuat data data yang akurat dan akuntabel. mudah mudahan acara semangkin meluas melebar dan mengguritadimana mana di seluruh pelosok NKRI tercinta ini. gali terus terobosan yang dan jangan bosan dengan kami-kami yang jauh tersebar di seluruh pelosok desa desa terpencil untuk menuntun kami. terima kasih.
dari saya. salah satu guru terpencil.
Mansyur Hasibuan. Nip. 195606231982011002. Guru SDN. No. 237 Muara Sipongi. Kec. Muara Sipongi. kAB. Mandailing Natal. Sumatera Utara.
Selamat pagi Mas Hans,saya mau nanya gimana menginstal petch versi 206 tolong ya Mas
pak data PTK DIKDAS kami sudah falid semua tapi kok SKTPnya ga keluar solusinya gimana
pak, saya tidak bisa membuka infopendataan, kenapa ya pak, ada gangguan ya pak?
Bagaimana memunculkan data jumlah guru dalam monitoring dapodik