Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi yang dilaksanakan tanggal 28 Pebruari s.d 1 Maret 2013 di Hotel Muria Semarang, telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah bahwa entry nilai raport kelas 7 s.d 9 jenjang SMP/MTs, kelas 10 s.d 12 jenjang SMA/MA/SMK dimulai tanggal 4 Maret 2013 pukul 00.01 WIB di http://data.pdkjateng.go.id

Untuk penyempurnaan dan menguji kesiapan sistem sambil menunggu tanggal tersebut Operator Sekolah dipersilahkan untuk melakukan uji coba. Masa uji coba dilbuka dari tanggal 1 Maret 2013 sampai dengan 3 Maret 2013 pukul 11.59 WIB.

Sangat penting untuk diketahui bahwa hasil entry yang dilakukan oleh operator sekolah di masa Uji Coba akan dihapus secara otomatis oleh sistem diakhir waktu uji coba, sehingga kami himbau kepada operator untuk tidak mengenty terlalu banyak, yang sangat penting dilakukan adalah :
1. mengecek menu-menu apa saja yang ada
2. mapel apa saja yang harus dientry
3. memastikan karakter yang dientry sesuai dengan permintaan sistem
4. memastikan hasil entry tersimpan dengan benar

Pada dasarnya sistem yang disiapkan secara online di Jawa Tengah ini tetap mengacu kepada sistem yang dikembangkan oleh Puspendik kemdikbud (hanya saja dibuat ONLINE) sehingga pedoman maupun petunjuk teknisnya tetap mengacu kepada Pertunjuk entry nilai raport yang telah dikeluarkan oleh Puspendik (Pedoman Entry Nilai Raport dapat didownload di halaman http://suprikajen.blogspot.com/2013/01/pos-dan-peraturan-terkait.html)

Beberapa hal dasar yang perlu diketahui ;
1. Pada dasarnya hanya memindah nilai dari buku raport yang ada ke dalam sistem
2. Rentang nilai yang dientry adalah 0,00 s.d. 100,00
3. Sistem menyediakan 5 (lima) kolom jenis mulok, jika disekolah ada lebih dari lima maka pilih mulok- mulok yang bagus (dari segi nilai yang didapat siswa, dari program pengembangan sekolah/visi-misi, dll). Isi nomor urut dari 1 s.d 5, untuk singkatan klo tdk ada ketentuan umum bisa disesuiakan kehendak masing-masing sekolah (misal Baca Tulis Al-Quran disingkat BTQ)
4. Jika di buku raport ada nilai teori dan praktek akan tetapi di sistem hanya menyediakan 1 (satu) kolom nilai maka nilai yang dimasukkan adalah nilai rata-rata dari nilai teori dan nilai praktek
5. Utamakan entry nilai kelas akhir dulu karena nilai yang dientry akan dipakai sebagai perhitungan nilai UN
6. Batas akhir entry nilai raport adalah tanggal 30 Maret 2013
7. Khusus SMK di nilai Kompetensi Keahlian diambilkan dari nilai rata-rata karena sistem hanya menyediakan 1 kolom untuk nilai tersebut
8. Untuk Absensi siswa silahkan dientry di mapel “Ketidakhadiran”
9. Untuk nilai raport semester 6 dientry menyusul setelah selesai divalidasi wali kelas (paling lambat awal minggu ke empat nilai semester 6 sudah mulai dientry Operator Sekolah)
10. Untuk entry nilai Ujian Sekolah akan diberikan alokasi waktu tersendiri (sekitar 2 s.d 1 minggu sebelum pelaksanaan UN)

NB.
Jika sekolah membutuhkan sosialisasi secara langsung mohon untuk berkoordinasi dengan K3S, Bidang Dikmen dan Pengawas

sumber

About these ads