Tanya Jawab Pengecekan data Guru P2TK dikdas


p2tk dikdas logo

Frequently Asked Question

    • Pertanyaan: “Kenapa Data “Total JJM Sesuai” saya tidak sama dengan yang diinput via Dapodik ??”
      Jawaban: Berikut penjelasannya:
      (1) Data yg kami ambil menggunakan data input semester 1 tahun 2012
      (2) Data JJM ada 3 jenis JJM (inputan sekolah), JJM KTSP (JJM terinput dgn batasan maksimal KTSP), dan JJM Sesuai/Linier (JJM yg dibatasi KTSP, yang sesuai dengan sertifikasinya)
      3) Contoh perhitungan: Jika seorang Guru mengajar pelajaran Guru Kelas SD (kelas 1) diinput mengajar 30 jam, menurut KTSP 26 jam. Maka JJMnya dianggap 26 jam, jika sertifikasinya Guru SD. Jika belum sertifikasi atau sertifikasinya selain Guru Kelas SD, maka JJM liniernya dianggap 0.
    • Pertanyaan: “Tolong update data saya, berikut filenya (word/excel/backup aplikasi dapodik).”
      Jawaban: Mohon update data anda langsung melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi Kepala Sekolah/ Operator Dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru2 lainnya. Akan percuma jika kami update data anda di sistem kami karena nanti akan tertimpa lagi oleh data dari dapodik.
    • Pertanyaan: “Saya sudah input data kode sertifikasi, mengapa masih invalid di nomer 17 ?”
      Jawaban: Sesuai kebijakan, data sertifikasi kami ambil dari basis data Sertifikasi dari BPSDMP & PMP. Namun kode NUPTK anda belum tercantum di basis data Sertifikasi yang ada pada kami (Dit.P2TK Dikdas). Kami akan mencoba mengupdate data, di saat yang sama Bapak/Ibu pun dapat menanyakan kepada yang bersangkutan.
    • Pertanyaan: “Saya tidak bisa login katanya salah password”
      Jawaban: Isi password dengan format YYYYMMDD, contoh: jika tgl lahir anda 12 April 1963 passwordnya: 19630312. Jika masih salah, berarti data tgl lahir anda salah input di dapodik ada yang terbalik misal tgl diatas menjadi 19631203 atau masih kosong dsb. Silakan cek ke operator dapodik bapak/ibu.
    • Pertanyaan: “Saya tidak bisa login katanya NUPTK tidak ditemukan”
      Jawaban: Data dgn NUPTK tsb belum kemungkinan masuk database, atau salah input. Mohon update data anda melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi kepala sekolah/ operator aplikasi dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data anda akan dapat login dengan sendirinya.
    • Pertanyaan: “Jumlah Jam mengajar saya kosong terus/salah”
      Jawaban: Data mengajar ada di modul rombel di Aplikasi Pendataan. Mohon update data tsb. Khusus untuk kepala sekolah, diambil data jam tugas tambahan dari jabatan PTK di kolom jabatan. Untuk jabatan lainnya sementara ini kami ambil dari daftar PTK Terdaftar, yang muncul pada saat penambahan PTK di kolom tugas ptk.
    • Pertanyaan: “Saya sudah update data via dapodik tapi belum masuk2 di cek guru”
      Jawaban: Ada beberapa server & proses yang dilalui oleh data sebelum masuk database PTK. Jika data telah dikirim, mohon tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru2 lainnya.
    • Pertanyaan: “Masa kerja saya masih salah, sehingga gaji pokok juga salah”
      Jawaban: Karena keterbatasan formulir Dapodik, data SK berkala dan data MKG tidak bisa kami dapatkan sehingga kami menghitung dari TMT Pengangkatan dan/atau TMT PNS. Tentu saja ini belum memperhitungkan faktor honorer/CPNS dll ataupun sistim perhitungan masa kerja segaris. Ke depan kami akan bekerjasama dengan BKN sehingga dapat diperoleh data yang paling akurat.
    • Pertanyaan: “Saya belum punya NUPTK bagaimana mendapatkannya”
      Jawaban: Sistem NUPTK saat ini dikelola oleh BPSDMP dan PMP
    • Pertanyaan: “Sekolah saya ingin terdaftar Dapodik bagaimana caranya?”
      Jawaban: Coba hubungi KK Datadik kab/kota anda untuk bantuan.

untuk melihat data Anda (guru) silahkan klik disni

sumber : p2tkdikdas.kemdikbud.go.id

25 thoughts on “Tanya Jawab Pengecekan data Guru P2TK dikdas

  1. Di Verifikasi Data Guru.Jumlah Jam Mengajar ( JJM ) sesuai Kepala Sekolah kami masih kurang. Di Dapodik saya isi Jabatan sebagai Kepala Sekolah, Trus pada kolom Tugas Tambahan saya isi sebagai guru PKn dengan jumlah jam mengajar 6 jam. Total JJM Sesuainya 18 jam di Website Verifikasi Data Guru. sehingga keterangannya ” JJM Sesuai masih kurang dari 24 jam. .Mohon sarannya supaya JJM Sesuai Kepsek kami mencukupi 24 jam. Terimakasih banyak sebelumnya.

    • pa mohon pencerahan. saya Iwan Hidayatul Ikhwan dari SMP Islam Manbaul Ulum Cikijing Kab. Majalengka Prop. Jawa Barat
      di dapodik saya waktu menggunakan versi 206 datanya udah valid itu dicek di info tunjangan secara berkala, sekarang saya menggunakan versi 207c setelah disingkronisasi data menjadi berubah yaitu JJM menjadi tidak linier masa keaktifan menjadi 0 otomatis menjadi penghambat dalam proses pencairan tunjangan profesi (SKTP sudah ada) sekali lagi mohon pencerahan supaya hati saya menjadi tenang dan tidak galau, terimakasih

  2. Saya operator kecamatan, pd saat pengisian JJM d kolom rombel ada yg bisa d isi, tp ada yg tdk dpt. Mohon penjelasan…? Kalo bisa mnta no telp/hp yg bisa d hubungi..!

  3. saya operator SD. di tempat mengajarku ada yang mendapatkan sertifikasi dengn kode 027 (guru kelas) masalahnya beliau mengajar guru PENJAS, gimana cara pengisian di rombel apa dikasik sebagai guru kelas atau guru Penjas???

  4. saya operator SD, saya data guru PAI d sd saya, belum valid Kode Sertifikasi dan JJM nya, padahal sudah saya perbaiki dan kirim beberapa kali,, namum hasil nya belum saya dapatkan?? dan saya mohon website p2tk dikdas kembali seperti dulu.. agar saya dapat mengecek lagi dimana salahnya.. trims..

  5. mas Han sya mau tnya, sya sudh memverikasi data tetapi ada 2 guru yang sampai sekarang belum kluar SKnya padahal data yang saya masukkan sudah lengkap dan valid. apa yang harus sya lakukan ms Han untuk mengatasi ini?

  6. selamat siang….!! saya guru kelas SD mengajar di kelas 4 dan belum sertifikasi, kbetulan sy operator dapodik d sekolah.yang sy ingin tanyakan kenapa poin NO.20 / total JJM sesuai datax kosong sehingga JJM linier juga nilaix 0 ( kosong). tlong infox admin.trims…

  7. yth,
    mohon INFORMASI dan BANTUANnya.
    data DAPODIK sekolah kami mengapa hilang?
    Pada semester I dan II tahun 2012/2013 kami sudah mengirim/mengapload, dan terkirim berhasil diproses.
    tapi pada pertengahan semester II di Reporting Progres nama sekolah kami TIDAK ADA / HILANG. Ketika kami coba login secara online, bisa masuk. tapi data kosong.

  8. Mohon maaf saya mau bertanya guru2 disekolah saya sedang kebingungan mau mengembalikan ke mana uang yang kelebihan sdh tanya di dinas di bank ga ada jawaban yg memuaskan tolong uang tersebut kemana dikembalikan trimakasih…

  9. Saya operator Sd JJM kepsek sya masih 0, tapi di data dapodik sudah dmasukan jam tambahan mengajar untuk PKn kls 4-6 masing2 2 jam. bagaimana supaya JJM kepseknya muncul.mohon bntuannya.trimakasih

  10. Mas Hans yth…
    Saya seorang guru TIK SMP mengajar mapel Prakarya, tetapi dalam dapodik ternyata JJM tidak linier sehingga saya dan beberapa teman dari sekolah lain yang telah menerapkan kurikulum 2013 mengalami nasib yang sama yaitu SKTP tidak bisa terbit karena jam mengajar tidak linier antara Prakarya dengan TIK. Bagaimana ini baiknya mas ? Mohon pencerahannya, terima kasih.

  11. saya seorang Guru yang telah lulus sertifikasi tahun 2012 pada Kab. Sumba Barat. dan pada tahun 2012 juga saya mendapat mutasi ke Kab. Sumba Tengah tetapi tunjangan sertifikasi tahun 2012 telah saya terima pada kab. sebelum di mutasi. namun pada tahun 2013 dan 2014 Tunjangan tersebut sya tidak memperolehnya lagi. dan saya sudah mempertanyakan permasalahan tersebut melalui Bidang terkait pada Dinas Kabupaten tempat saya di Mutasi, namun hingga saat ini saya belum juga mendapat penjelasan mengapa tunjangan saya selama tahun 2013 dan 2014 tdk keluar, jika persoalan pada Dapodik, sklh tempat sy melaksanakan tugas saat ini sdh melakukan pengiman data ke server P2tk . oleh sebab itu saya sangat memohon penjelasan dan klarifikasi terhadap persoalan saya.

    • saya seorang Guru yang telah lulus sertifikasi tahun 2012 pada Kab. Sumba Barat. dan pada tahun 2012 juga saya mendapat mutasi ke Kab. Sumba Tengah tetapi tunjangan sertifikasi tahun 2012 telah saya terima pada kab. sebelum di mutasi. namun pada tahun 2013 dan 2014 Tunjangan tersebut sya tidak memperolehnya lagi. dan saya sudah mempertanyakan permasalahan tersebut melalui Bidang terkait pada Dinas Kabupaten tempat saya di Mutasi, namun hingga saat ini saya belum juga mendapat penjelasan mengapa tunjangan saya selama tahun 2013 dan 2014 tdk keluar, jika persoalan pada Dapodik, sklh tempat sy melaksanakan tugas saat ini sdh melakukan pengiman data ke server P2tk . oleh sebab itu saya sangat memohon penjelasan dan klarifikasi terhadap persoalan saya.

Leave a Reply

