Tutorial berikut sengaja saya tulis ulang bagi Bpk./Ibu calon peserta UKG 2012 yang kesulitan mendownload materi ataupun bagi Bpk./ Ibu yang belum mengerti betul tentang komputer.  Alasan ini kami tulis karena masih banyaknya guru-guru yang takut dengan Uji Kompetensi Online ini mengingat kemampuan mereka yang masih minim dalam mengoperasikan komputer terutama yang belum lihai memegang MOuse..!.

Pesan buat calon peserta Uji Kompetensi Guru Online 2012 nanti “Jangan takut Salah mengerjakan Soal Online Di Komputer” karena mudah cara memilih jawaban.

yang perlu diperhatikan dalam memilih jawaban adalah :

      1. Memilih jawaban dapat dilakukan dengan menggunakan Mouse, dengan meng-klik pada salah satu jawaban yang tersedia, Jawaban A, Jawaban B, Jawawan C, atau Jawaban D. Pilih salah satu yang dianggap benar. Lihat ilustrasi gambar berikut :
      2. Memilih jawaban menggunakan Keyboard secara langsung (tanpa mouse).
        - Tekan Huruf A pada keyboard berarti memilih Jawaban A,
        - Tekan huruf B pada keyboard berarti memilih Jawaban B,
        - Tekan huruf C pada keyboard berarti memilih Jawaban C,
        - Tekan huruf D pada keyboard berarti memilih Jawaban D,
        Dengan begitu lebih mudah menjawab karena tidak akan meleset karena ragu memegang mouse.
        Jawaban yang telah di pilih akan berkedip warna merah, lihat ilustrasi berikut:
      3. Untuk berpindah ke soal berikutnya dapat dilakukan dengan tombol berikutnya pada Navigasi atau “Spasi” jika dengan keyboard.
      4. Untuk berpindah kehalaman sebelumnya dapat dilakukan dengan meng-klik tombol berikutnya pada Navigasi atau tombol “Backspace” pada keyboard
      5. Jika ada jawaban yang salah / keliru dapat diperbaiki kembali dengan memilih jawaban yang dianggap benar.
      6. Soal akan ditampilkan satu soal setiap halaman.
      7. sebelum mengakhiri ujian pastikan soal telah dijawab semuanya. untuk mengecek nya dengan klik icon telapak kaki (lihat gambar toolbar diatas) kemudian scroll ke atas atau kebawah, jika ada yang berwarna merah berarti belum terjawab, rahkan kursor pada warna merah tersebut kemudian klik Ok untuk meloncat soal yang belum terjawab. lihat gambar berikut. Demikian Tutorial singkat ini semoga berguna.
About these ads